02/12/2020

Apa Itu Algoritma dan Pemrogaman ?

Hallo semua, pada kesempatan yang indah ini mimin akan membahas kembali sekitar pengetahuan yang bisa kalian gunakanYuk kita simak pembahasannya.

Pengertian Algoritma

Algoritma secara singkat dapat didefinisikan sebagai Langkah-langkah Sistematis dan Logis dalam menyelesaikan suatu masalah. Dengan konsep Algoritma maka suatu permasalahan harus diselesaikan secara Sistematis, Logis dan bisa diuji benar atau salahnya. Sedangkan menurut Wikipedia algoritma adalah metode efektif diekspresikan sebagai rangkaian terbatas dari instruksi-instruksi yang telah didefinisikan dengan baik untuk menghitung sebuah fungsi. Dimulai dari sebuah kondisi awal dan input awal (mungkin kosong),instruksi-instruksi tersebut menjelaskan sebuah komputasi yang, bila dieksekusi, diproses lewat sejumlah urutan kondisi terbatas yang terdefinisi dengan baik, yang pada akhirnya menghasilkan “keluaran” dan berhenti di kondisi akhir.Sedangkan para ahli memiliki definisi atau pandangan yang berbeda mengenai algoritma, dibawah ini merupakan pendapat para ahli mengenai algoritma :

  1. Donald E. Knuth

Algoritma ialah sekumpulan aturan-aturan berhingga yang memberikan sederetan operasi-operasi untuk menyelesaikan suatu jenis masalah yang khusus.

  1. Rinaldi Munir

Algoritma ialah sebuah bentuka urutan langkah logis yang akan membantu seseorang dalam menyelesaikan masalah yang sedang dijalaninya.

  1. Seymour Lipschutz, Ph.D dan Marc Lipson, Ph.D.

Algoritma ialah suatu daftar langkah demi langkah yang terhingga dari instruksi-instruksi yang terdefinisikan dengan jelas yang dipakai untuk permasalahan tertentu.

  1. David Bolton

Algoritma ialah deskripsi dari suatu prosedur yang berakhir dengan sebuah hasil.

  1. Andrey Andreyvich Markov

Algoritma ialah hal umum untuk dipahami sebagai suatu keputusan yang tepat untuk mendefinisikan proses komputasi yang mengarahkan dari data awal hingga hasil yang diinginkan.

  1. Stone Dan Knuth

Algoritma ialah suatu seperangkat aturan yang tepat mendefinisikan urutan operasi hingga sedemikian rupa sehingga setiap aturan yang efektif, jelas hingga sedemikian rupa sehingga urutan berakhir dalam waktu yang terbatas.

Karena Algoritma adalah sebuah konsep, maka tentu setiap orang bisa mempunyai Algoritma yang berbeda-beda terhadap masalah yang sama. Contoh ada suatu permasalahan X dan solusinya adalah Y, maka tiap orang bisa mendapatkan Y dengan Algoritma mereke masing-masing, tidak harus sama akan tetapi menghasilkan output yang sama yaitu Y.

Pada prakteknya penerapan Algoritma haruslah efisien. Efisien disini artinya Cepat, Tepat dan Simple. Seperti kasus membuat Software komputer, Software yang dibuat dengan Algoritma yang baik akan menghasilkan software yang efisien, tidak banyak bugs dan tidak makan banyak memory yang tidak perlu misalnya. Penyajian Algoritma biasanya tertuang dalam bentuk Pseudocode, Flowchart, dan Diagram-diagram.

Pengertian Pemrogaman

Pemrograman adalah proses membuat suatu Program dengan Algoritma + Bahasa Pemrograman. Sebuah Software hanya bisa terwujud jika dibuat dengan Algoritma dan Bahasa Pemrograman.

Langkah-langkah yang dilakukan dalam pemrograman yang umum adalah :

  • Definisikan Masalah
  • Mengumpulkan kebutuhan (requirement)
  • Buat Algoritma dan Struktur Cara Penyelesaian
  • Menulis Program dengan bahasa pemrograman
  • Testing dan Verifikasi Program
  • Implementasi/Instalasi Program
  • Dokumentasi Program
  • Pemeliharaan Program

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *