19/10/2020

Cara Cek Kuota Belajar

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud) mengeluarkan sebuah progam baru yang mana bisa dimanfaatkan bagi para pelajar yang ada. Progam ini adalah Bantuan Progam Data Internet dimana para pelajar akan mendapat bantuan kuota internet secara gratis yang diperuntukkan untuk membantu aktivitas belajar. Dan untuk saat ini progam tersebut sudah mulai dijalankan. Bantuan kuota data internet Kemendikbud yang diperuntukan untuk membantu kegiatan belajar, sudah melibatkan berbagai operator untuk nomor yang sudah terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti).

Untuk dapat menerima bantuan kuota internet, satuan pendidikan/lembaga penyelenggara pendidikan PAUD serta jenjang pendidikan dasar dan menengah harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan terdaftar di aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Setelah itu, operator satuan pendidikan memastikan diri sudah terdaftar di Jaringan Pengelola Data Pendidikan dan Kebudayaan (http://sdm.data.kemdikbud.go.id), dan menginput data nomor ponsel pendidik dan peserta didik di aplikasi Dapodik. Sedangkan di jenjang pendidikan tinggi, perguruan tinggi wajib terdaftar di aplikasi PDDikti (https://pddikti.kemdikbud.go.id), dan pengelola PDDikti perguruan tinggi menginput data nomor ponsel mahasiswa dan dosen ke aplikasi PDDikti.Dibawah ini merupakan rincian bantuan kuota internet yang akan disubsidikan :

  1. Peserta Didik Paud : 20 GB/bulan (5GB kuota umum, 15 GB kuota belajar, 4 bulan durasi bantuan)
  2. Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah : 35 GB (5GB kuota umum, 30 GB kuota belajar, 4 bulan durasi bantuan)
  3. Pendidik Jenjang PAUD dan Pendidik Dasar dan Menengah : 42 GB (5GB kuota umum, 37 GB kuota belajar, 4 bulan durasi bantuan)
  4. Dosen dan Mahasiwa : 50GB (5GB kuota umum, 45 GB kuota belajar, 4 bulan durasi bantuan)

Selanjutnya untuk mengecek kuota internet di beberapa provider sebagai berikut :

Indosat OOredoo

Bagi para siswa, guru, mahasiswa, dan dosen yang telah terdaftar nomornya di Kemendikbud dapat menggunakan bantuan kuota internetBagi pengguna IM3 Ooredoo dapat mengetahui status dan cek kuota nya melalui *123*075# atau aplikasi myIM3. Kuota belajar untuk mengakses aplikasi belajar online seperti Ruangguru, Zenius, Quipper, Rumah Belajar, Google Classroom, dan lainnya serta ke lebih dari 300 portal universitas di Indonesia yang bisa digunakan selama 24 jam

Tri Indonesia

Cara mengecek kuota belajar sudah diterima untuk 3 Indonesia adalah, pelajar atau mahasiswa bisa melakukan cek sisa kuota internet secara detil melalui *123*10*3# atau via aplikasi Bima+

XL dan Axis

Pengguna XL Axiata baik itu siswa, mahasiswa dan guru, bisa mendapatkan bantuan kuota belajar sesuai mekanisme dan pendataan Pusdatin Kemendikbud. Pusdatin memfasilitasi sekolah untuk mengumpulkan data siswa dan guru.Untuk melakukan pengecekan melalui UMB, bisa via *123#, kemudian pilih Info. Pilih Info Kartu-XL-ku, lalu pilih info Cek Kuota, dan pilih paket Terus Belajar.

Telkomsel

Provider menawarkan paket kuota belajar 35GB dari Kemendikbud dan 10GB dari Telkomsel. Totalnya jadi 45GB untuk mengakses e-learning seperti Ilmupedia, Google Classroom, Google Meet, dan masih banyak lagi. Bagi yang ingin mengecek kuota belajar Telkomsel bisa langsung menghubungi nomor *888# atau lewat aplikasi MyTelkomsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *