19/10/2020

Cara Mempercepat Performa Windows 10

 

Tentunya akan sangat menyebalkan apabila terjadi penurunan performa windows 10 yang kita gunakan sehingga membuat aktifitas kegiatan kita menjadi terganggu. Penurunan performa ini bisa saja datang dari beberapa hal . Bisa diakibatkan karena penuhnya instruksi penggunaan progam (overload) dan  RAM yang digunakan untuk penyimpanan data. Tetapi hal ini juga bisa berasal dari sistem operasi yang sedang mengalami masalah sehingga mengganggu terhadap kinerja pengoperasian.

 

Lalu, bagaimana untuk mengatasinya ?

 

Untuk mengatasi hal diatas ada beberapa cara yang bisa kita lakukan. Mari simak penjelasan dibawah ini :

Update Windows Secara Rutin

 

Didalam fitur Windows 10 yaitu fitur auto update menyebabkan versi windows akan diperbarui secara otomatis. Bukan hanya itu, nantinya windows juga akan melakukan pengecekan terhadap device drivers di perangkat penguna. Untuk melakukan pembaharuan sistem atau update kita hanya perlu mengecek menu “Pembaruan Sistem” lalu pilih “Pembaharuan” apabila kita mendapatkan versi terbaru kita hanya perlu mengikuti proses yang ada untuk melakukan pembaharuan sistem atau update.

 

Membersihkan Hard Disk dari File yang Tidak Berguna

Dengan melakukan pembersihan terhadap file – file lama dari hard-disk adalah salah satu cara yang baik untuk memberikan ruang kapasitas memori bisa bernapas lega. Kita hanya perlu pergi ke menu “Settings”, kemudia klik menu “System” dan dilanjutkan dengan menu “Storage”.Pilih nyalakan di “storage sense” , maka data – data yang telah ditandai maupun data yang telah dihapus di recycle bin akan dimusnahkan oleh windows.

 

Nonaktifkan Auto – Starting saat Menjalankan Laptop

Ada beberapa progamman yang akan terbuka dengan sendirinya saat kita menjalankan laptop maupun pc yang digunakan. Progam – progam tersebut menyebabkan proses kinerja sistem operasi menjadi menurun. Untuk mengatasinya kita hanya perlu menonaktifkan progam – progam otomatis tersebut dengan mematikan menu  “auto starting” pada pengaturan progam.

Mempercepat Performa Windows 10 dengan Meningkatkan RAM

 

Kita dapat menambah kapasitas RAM baru dengan melakukan pembelian secara pribadi. Untuk windows 10 itu sendiri diperlukan kapasitas penyimpanan RAM lebih ataupun setara dengan memori penyimpanan 4GB.Ada yang perlu diperhatikan saat kita hendak membeli RAM baru yaitu kita harus menyesuaikan spesifkasi RAM yang akan kita beli dan memastikan bahwa jumlah kapaitas maksimal RAM yang bisa diaplikasikan memang sesuai dengan laptop atau PC yang digunakan.

Restart atau Boot Ulang Laptop / PC

Melakukan restart laptop bisa disamakan dengan membiarkan perangkat tidur siang saat tengah lelah bekerja. Laptop / PC juga perlu direhatkan dengan menutup aplikasi sekaligus melalui fitur restart.

Uninstall Progam yang Tidak Digunakan

Apabila kita menyadari bahwa kapasitas RAM-nya tidak terlalu besar maka langkah ini bisa menjadi solusi yang tepat untuk dapat meningkatkan performa laptop / PC yang digunakan. Langkah ini juga menjadi langkah yang paling mudah untuk diterapkan. Banyaknya aplikasi pada laptop / PC membuat kapasitas penyimpanan di Drive C penuh sehingga kinerja windows menjadi melambat.

 

Hal – hal yang sudah dijelaskan adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk dapat meningkatkan performa Windows 10 yang kita gunakan.

 

Referensi :

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200903093317-190-542275/10-cara-mempercepat-performa-windows-10-untuk-laptop

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *