02/12/2020

Cara Mengatasi Youtube yang Tidak Bisa Dibuka

Hallo semua, kali ini mimin akan memberikan beberapa tips dan trick untuk kalian semua. Kemarin, aplikasi Youtube mengalami masalah sehingga para penggunanya tidak dapat mengakses aplikasi tersebut. Yotube merupakan sebuah aplikasi yang menyediakan berbagai jenis konten video ini memang sudah sangat populer sejak beberapa tahun belakangan. Karena kepopulerannya maka wajar apabila aplikasi ini paling sering digunakan banyak kalangan. Aplikasi Youtube yang tidak bisa terbuka terjadi karena beberapa alasan, salah satu contohnya adanya RAM smartphone yang penuh, cache yang sudah sangat menumpuk, kesalahan saat waktu menginstall aplikasi bahkan sampai menyangkat server yang digunakan oleh Youtube. Namun, kalian tidak perlu khawatir karena untuk mengatasi Youtube yang Tidak Bisa Dibuka bisa dilakukan dengan hal – hal sederhana yang bisa kalian lakukan sendiri tanpa harus membawanya ke tempat service. Berikut merupakan beberapa cara yang bisa kalian gunakan.

  1. Melakukan Install Ulang Aplikasi Youtube

Jika kalian baru saja melakukan proses instalasi aplikasi Youtube di smartphone yang kalian gunakan, masalah Youtube yang Tidak Bisa Dibuka bisa saja terjadi karena kesalahan saat melakukan proses penginstallan. Jika masalah tersebut memang disebabkan karena ini, maka uninstall dahulu aplikasi tersebut. Setelah proses uninstall selesai, install kembali aplikasi Youtube di smartphone Anda.

  1. Melakukan Update Versi Youtube Terbaru

Youtube sama seperti aplikasi umum yang biasa kita gunakan. Kita juga perlu melakukan update apabila terdapat versi terbaru. Di beberapa smarthphone Youtube merupakan sebuah aplikasi bawaan, dan juga kita diminta melakukan update apabila sudah tersedia. Kita bisa melakukan pengecekan secara manual dengan membuka aplikasi Playstore maupun Appstore untuk mengetahui apakah aplikasi Youtube telah diupdate atau tidak. Jika memang belum, update Youtube di smartphone kalian agar aplikasi ini bisa berjalan lancar.

  1. Menghapus Cache Aplikasi Youtube

Cache adalah static random access memory (SRAM) berkecepatan tinggi yang dapat diakses oleh mikroprosesor komputer lebih cepat daripada yang dapat mengakses random access memory (RAM). Pada aplikasi Youtube juga menyimpan cache seperti aplikasi pada umumnya. Semakin sering digunakan, cache pada aplikasi Youtube akan semakin banyak tertumpuk. Jika dibiarkan terus menerus, aplikasi YouTube bisa saja mengalami error dan tidak bisa dibuka.Maka dari itu ,chace yang sudah menumpuk perlu dihapus secara rutin untuk mencegah Youtube tidak bisa dibuka. Untuk menghapusnya buka menu setelan dan kemudian pilih aplikasi terinstall. Selanjutnya, pilih aplikasi Youtube dan kemudian pilih Hapus Cache.

 

  1. Mengahapus Data Aplikasi Youtube

Aplikasi YouTube tetap menyimpan data-data, baik berupa konfigurasi, informasi akun, maupun thumbnail video. Semakin sering dan lama pemakaiannya, data yang tersimpan oleh aplikasi YouTube di smartphone Anda akan semakin menumpuk. Jika dibiarkan, aplikasi YouTube sewaktu-waktu dapat crash dan tidak bisa digunakan. Oleh karena itu, Anda perlu menghapus data aplikasi YouTube secara berkala.

  1. Membersihkan RAM

Apabila RAM di smartphone Anda sudah hampir penuh, kinerja aplikasi di smartphone tersebut juga akan melambat. Cara mengatasinya, Anda perlu membersihkan RAM dengan meng-uninstall aplikasi-aplikasi yang sudah tidak Anda gunakan. Setelah ruang kosong dalam RAM menjadi lebih banyak, YouTube bisa kembali berjalan dengan lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *