28/09/2020

Machine Learning : Definisi , Algoritma dan Implementasinya

Keberadaan machine learning pada saat ini, memberikan dampak yang luar biasa bagi kehidupan manusia, khususnya dalam pengembangan software dan pengolahan data. Machine learning dikembangkan supaya dapat meniru cara berpikir manusia. Tetapi walaupun keberaadaan machine learning sudah dekat, sayangnya masih sedikit anak bangsa yang mampu menguasai machine learning.Machine learning mampu menganalisa data yang menjadi masukkannya tanpa perlu dipandu oleh programmer. Machine learning mampu menganalisa kondisi pasar dan memberikan saran berupa tindakan apa yang harus dilakukan oleh pebisnis. Lalu apa si yang dimaksud dengan machine learning itu sendiri ? .

Pengertian Machine Learning

Menurut Pendapat Ahli

  1. Arthur

Menurut Arthur, Machine Learning didefinisikan sebagai kemampuan komputer dalam melakukan pembelajaran. Machine Learning tak harus dijelaskan atau diprogramkan secara eksplisit ke dalam komputer.

  1. Tom Mitchel

Menurut Tom Mitchel, Machine Learning diartikan sebagai komputer yang mempunyai kemampuan melakukan pembelajaran dari pengalaman-pengalaman yang diterima atas tugas-tugas yang telah diselesaikan untuk meningkatkan kinerja.

  1. Budiharto

Menurut Budiharto, Machine Learning didefinisikan sebagai tipikal kecerdasan buatan yang menyuguhkan komputer dengan kemampuan mempelajari data, tanpa harus mengikuti instruksi terprogram secara eksplisit.

  1. Samuel

Menurut Samuel,  Machine learning is field or study that gives computers the ability to learn without being explicity progammed.

Dilihat dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa machine learning adalah sebuah metode analis yang bisa membantu menangani big data dengan mengembangkan algoritma komputer.

 

Contoh Implementasi Machine Learning

 

Banyak teknologi yang saat ini sudah menerapkan machine learning . Dan dibawah ini merupakan beberapa contoh implementasi dari machine learning

  1. Virtual Personal Assistant

Virtual Personal Assistant (assisten pribadi virtual) memiliki fungsi yaitu membantu dalam mencari informasi, ketika ditanya melalui suara. Siri, Alexa, Google Now merupakan beberapa contoh popular dari Virtual Personal.Teknologi machine learning merupakan bagian penting dari asisten pribadi ini dikarenakan mereka mengumpulkan dan memperbaiki informasi berdasarkan keterlibatan pengguna sebelumnya dengan mereka.

 

  1. Image Recognation

Image recognition (deteksi gambar) merupakan salah satu penggunaan machine learning yang umum digunakan. Dengan machine learning kita mampu melatih untuk mendeteksi wajah dalam suatu gambar.

 

  1. Search Engine

Search enginge merupakan salah satu penerapan machine learning yang popular tapi keberadaan nya kurang disadari oleh penggunanya.Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa search engine adalah progam yang dapat mencari informasi pada database berdasarkan keyword atau karakter yang ditentukan oleh user.

 

  1. Recommendation System

Terkadang disaat kita membuka aplikasi online shopping, ada rekomendasi beberapa barang yang muncul dikarenakan sebelumnya kita pernah melihat barang tersebut.

 

Algotima Machine Learning

 

  1. Supervised Learning

Algoritma ini digunakan untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang memiliki hubungan dengan classification dan regression.

  1. Unsupervised Learning

Algoritma ini digunakan disaat kondisi data set yang tersedia tidak berpasangan hanya ada input variable dan tanpa output variable.

  1. Reinforecement Learning

Berbeda dengan dua algorima sebelumnya didalam algoritma ini dimaksudkan untuk membuat komputer dapat belajar sendiri dari lingkungan. Jadi komputer akan melakukan pencarian sendiri dengan cara berinteraksi dengan lingkungan.

 

Referensi :

Purnama, Bendy. 2019. PENGANTAR MACHINE LEARNING. Bandung : BI-Obses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *