19/10/2020

Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Instal Ulang Windows

Halo agan agan semua disini, pernah gak sih ngalamin masalah saat pertama kali instal ulang windows? Seperti driver missing, atau memutar video tetapi kurang bagus, atau bahkan sampai tidak bisa terkoneksi ke internet dan banyak hal lain yang dapat terjadi. Maka dari permasalahan diatas mimin akan membahas hal apa saja yang harus diperlukan saat selesai instal ulang windows.

Pertama-tama saya ingin menjelaskan apa itu instal ulang yang dimaksud. Jadi instal ulang yang dimaksud adalah saat anda ingin mengganti windows anda dengan versi windows baru atau versi yang sama agar terlihat seperti baru, tetapi dengan resiko kehilangan data. Jadi simple nya anda ganti windows tapi data hilang semua seperti laptop/ konputer baru pada umunya. Tetapi laptop atau komputer build-up dari perusahaan sudah menyiapkan beberapa driver khusus serta software seperti microsoft office, sedangkan bila kalian instal ulang maka driver,software dan data anda akan hilang. Ok tanpa menurut saya penjelasan cukup, sekarang masuk ke penjelasan hal apa saja yang harus anda lakukan saat selesai instal ulang.

Instal Driver

Instal driver adalah tahap awal yang dimana sangat mudah naun juga krusial bila tidak diinstal. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas ada beberapa yang mengalami masalah driver lan/internet mereka terhapus sehingga tidak dapat menghubungkan ke internet dan ini biasanya terjadi pada windows 7. Lalu bagaimana instal driver tanpa internet?. bila anda mempunyai flasdisk dan komputer lama (bila tidak ada ke warnet gan hehe atau bisa juga download installer nya di Android anda) dan mempunyai koneksi internet, anda tinggal mendownload “Driver Booster” software ini bekerja untuk mengupdate atau menginstal semua driver yang ada. Contoh penampakan :

setelah anda download installernya, silahkan pindahkan installer ke flashdisk yang anda punya. Setelah itu  silahkan pindahkan ke Komputer/Laptop anda yang baru anda instal ulang dan instal software tersebut.
Setelah anda instal anda tinggal memencet tombol “Scan” pada software, Tunggu beberapa saat dan silahkan pencet “update now” seperti gambar dibawah ini :

maka driver anda akan terupdate hingga versi terbaru (metode ini juga berlaku untuk memperbarui driver graphic card yang sudah tidak ada di situs aslinya seperti GT 630 punya saya).

Instal Antivirus

Menurut saya ini tidak terlalu penting untuk pengguna windows 10 karena antivirus dari windows 10 dapat dipercaya dan ampuh dalam menghadapi virus, tapi untuk pengguna windows 7 ini sangat penting karena antivirus windows 7 sangat lemah dan windows 7 sudah tidak dapat update kedepannya oleh microsoft (Discontinued) maka dari itu apabila anda menginstal Windows 7 seperti saya untuk kebutuhan khusus, maka saya sarankan untuk menginstal minimal 1 antivirus untuk anda dan antivirus tersebut bebas terserah anda karena saya tidak terlalu paham mana antivirus yang baik dan buruk (dalam kasus saya, saya menggunakan Smadav)

Instal Software Kantor atau Office

Software Office pastilah sangat penting apalagi pekerja maupun kaum pelajar seperti saya sangat membutuhkan office dikegiatan sehari-hari. Berikut software yang saya rekomendasikan untuk kegiatan office:
– Microsoft office
– WPS office
kedua software ini sangat populer dikarenakan kedua software ini menawarkan fitur yang hampir sama bagusnya satu sama lain, bedanya yaa Microsoft office berbayar sedangkan WPS Office tidak berbayar (mengandung iklan tapi tidak mengganggu sama sekali)

ok mungkin hanya itu yang dapat saya jelaskan kali ini, alasan kita instal ulang biasanya adalah terdapat virus yang sudah tidak dapat ditangani, beli barang bekas, telalu banyak data.sehingga saran mimin adalah mulai merapihkan setiap data yang disimpan dan berhati-hatilah dalam berseluncur didalam internet, DAN JANGAN COBA COBA MATIKAN WINDOWS DEFENDER kecuali saat anda benar benar mengerti apa yang anda lakukan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *