02/12/2020

Membahas Desain Perangkat Lunak

 

Pengertian Desain Perangkat Lunak

 

Desain perangkat lunak bukan hanya sebuah perancangan berupa interface (antar muka) sebuah perangkat lunak, tetapi memiliki lingkup yang jauh lebih luas. berada pada inti teknik dari proses rekayasa perangkat lunakdan diaplikasikan tanpa memperhatikan model proses perangkat lunak yang digunakan.Begitu persyaratan perangkat lunak telah mulai dianalisis dan ditentukan, maka desainperangkat lunak menjadi yang pertama dari tiga aktivitas teknik – desain, pembuatan kodedan pengujian – yang diperlukan untuk membangun dan menguji perangkat lunak. Sebuah proses untuk mendefinisikan sesuatu yang akan dikerjakan dengan menggunakan teknik yang bervariasi serta didalamnya melibatkan deskripsi mengenai arsitektur serta detail komponen dan juga keterbatasan yang akan dialami dalam proses pengerjaannya. Desain perangkatlunak sering juga disebut sebagai physical design. Jika tahapan analisis sistemmenekankan pada masalah bisnis (business rule), maka sebaliknya disain perangkat lunakfokus pada sisi teknis dan implementasi sebuah perangkat lunak (Whitten et al 2004:58).Output utama dari tahapan disain perangkat lunak adalah spesifikasi desain. Spesifikasiini meliputi spesifikasi disain umum yang akan disampaikan kepada stakeholder sistemdan spesifikasi disain rinci yang akan digunakan pada tahap implementasi. Spesifikasidisain umum hanya berisi gambaran umum agar stakeholder sistem mengerti akan sepertiapa perangkat lunak yang akan dibangun. Biasanya diagram USD tentang perangkat lunakyang baru merupakan point penting dibagian ini.

 

Sebuah proses perancangan membutuhkan pengetahuan mengenai berbagai teknik atau model perancangan yang dapat digunakan. Selain itu, sebuah perancangan membutuhkan hasil analisa yang telah mampu mendeskripsikan kebutuhan dari sistem yang akan dibuat.Dan seorang desainer harus memahami kendala atau hambatan yang mungkin terjadi pada saat implementasi.Maka dari itu sebuah proses perancangan memiliki 3 unsur penting, yakni :

  • Pengetahuan mengenai teknik perancangan
  • Kebutuhan sistem
  • Kendala yang mungkin terjadi

Desain Perangkat Lunak merupakan sebuah proses yang berkelanjutan dari analisa dan didalamnya melakukan identifikasi hasil analisa serta menghasilkan konsep dasar untuk kepentingan pengembangan perangkat lunak. Dalam pengertian yang sama, dapat digolongkan bahwa perancangan adalah mengubah dari “apa” yang menjadi kebutuhan, menjadi “bagaimana” mendefinisikan kebutuhan tersebut menjadi sebuah perangkat lunak. Acuan Umum untuk menilai bahwa hasil perancangan merupakan hasil perancangan yang baik :

  1. Hasil perancangan harus mengimplementaasikan hasil analisa secara eksplisit dan memenuhi kebutuhan pengguna secara implisit
  2. Hasil perancangan harus dapat dimengerti oleh pihak pengembang perangkat lunak yang akan mengimplementasikan ke dalam bahasa pemrograman
  3. Hasil perancangan harus menyediakan gambaran yang lengkap mengenai perangkat lunak yang akan dibuat, baik dari segi data, fungsi serta perilaku yang akan dijalankan oleh perangkat lunak tsb.

Sebuah perancangan perangkat lunak yang baik harus memenuhi syarat-syarat berikut :

  • Fleksibel
  • Mudah ditransfer
  • Mudah dimodifikasi
  • Mudah digunakan
  • Handal
  • Aman
  • Tidak Mahal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *