02/12/2020

Membahas Teknologi Informasi dan Sistem Informasi

 

Hallo semua, pada kesempatan yang baik ini mimin akan membahas mengenai teknologi informasi dan sistem informasi , yuk kita lihat pembahasannya ….

Pengertian  Teknologi Informasi dan Sistem Informasi

Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah teknologi yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan menyebarkan informasi.Istilah ini secara umum bukan hanya di gunakan untuk komputer dan jaringan komputer, tetapi juga mencakup teknologi Informasi lain seperti televisi dan telepon. Beberapa industri yang berhubungan dengan teknologi informasi, termasuk perangkat keras komputer, perangkat lunak, elektronik, semikonduktor, internet, peralatan telekomunikasi, teknik, kesehatan, e-commerce dan layanan komputer.

 

Fungsi Teknologi Informasi

  1. Fungsi teknologi informasi untuk menangkap data (capture)

Fungsi dalam hal ini yaitu dalam proses penyusunan record yang di tampilkan pada layar monitor contohnya amazon menggunakan cookies internet untuk menangkap data tentang pembelian pelanggan melalui situs web mereka. Jadi dalam hal ini, mereka menggunakan data ini untuk menyarankan item ke pengguna yang berkaitan dengan pesanan mereka sebelumnya melalui situs web mereka.

  1. Fungsi teknologi informasi untuk Pengolah (Processing)

Fungsi teknologi informasi ini memungkinkan kita untuk melakukan pemrosesan baik itumengubah, menganalisis, menghitung, maupun mengumpulkan semua data yang ada.

  1. Fungsi teknologi Informasi untuk Menghasilkan (Generating)

Fungsi teknologi informasi ini menghasilkan atau mengorganisasikan informasi ke dalam bentuk yang berguna. Contohnya data yang awalnya berbentuk deretan angka dapat di generate menjadi tabel atau grafik yang mudah diambil kesimpulan.

  1. Fungsi teknologi Informasi untuk penyimpan (storage)

Fungsi teknologi informasi ini menyimpan data dan informasi dalam suatu media yang dapat digunakan untuk keperluan lainnya.

  1. Fungsi teknologi Informasi untuk Transmisi

Fungsi teknologi informasi ini mengirim data dan informasi dari suatu lokasi lain melalui jaringan.

 

Tujuan dan Keuntungan Teknologi Informasi

Tujuan

  • Teknologi informasi sebagai pemecah masalah.
  • Teknologi informasi membuka kreatifitas dan kemampuan berfikir yang memiliki kelancaran, perincian dan keleluwesan.
  • Teknologi informasi efektif dan efesien karena dapat di akses dengan mudah tidak tidak membutuhkan waktu lama.

Keuntungan

  • Membantu mempercepat pekerjaan manusia.
  • Mempermudah komunikasi jarak jauh.
  • Mempermudah sistem administras.
  • Mempermudah proses transaksi keuangan.
  • Menciptakan lapangan kerja.
  • Membuka peluang bisnis baru.

Pengertian Sistem Informasi

Menurut Parah Ahli

  1. John F. Nash

Kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud menata jaringan komunikasi yang penting, proses atau transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar pengambilan keputusan yang tepat.

  1. Robert A. Leitch

Pengertian sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

  1. Henry Lucas

Pengertian sistem informasi menurut Henry Lucas adalah suatu kegiatan dari prosedur-prosedur yang diorganisasikan, apabila dieksekusi akan menyediakan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian di dalam.

Sedangkan secara umum sistem informasi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen pengambilan keputusan/kebijakan dan menjalankan operasional dari kombinasi orang-orang, teknologi informasi dan prosedur-prosedur yang terorganisasi.

Fungsi Sistem Informasi

  • Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai, tanpa mengharuskan adanya prantara sistem informasi.
  • Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
  • Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.
  • Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi.
  • Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi.
  • Mengantisipasi dan memahami konsekuensi-konsekuensi ekonomis dari sistem informasi dan teknologi baru.
  • Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *