02/12/2020

Pembahasan Design UX dan UI

 

 

 

 

Hallo gan , Mimin kembali lagi nih membawa informasi yang bermanfaat nih. Pada kesempatan ini mimin akan membahas tentang Design UX dan UI . Design  UX dan UI ini  tidak bisa dipisahkan. Design UX dan UI ini memegang peran penting dalam pengembangan suatu produk dan menentukan juga apakah produk yang dihasilkan bisa digunakan oleh pengguna dengan mudah. Yuk di simak pembahasan lengkapnya

 

User Experience (UX)

User Experience (UX) merupakan proses mendesain suatu produk melalui pendekatan pengguna. Dengan pendekatan ini, Anda jadi bisa menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengguna. Produk dengan desain UX yang baik akan menciptakan pengalaman yang menyenangkan bagi pengguna saat menggunakan produk Anda. komponen UX ini meliputi bagaimana fitur-fitur yang disediakan pada produk, struktur desain, navigasi penggunaan produk, aspek visual design, dan seluruh aspek interaksi dengan pengguna. UX juga meliputi bagaimana Anda menentukan branding, konten, dan copywriting yang sesuai dengan target pengguna Anda. Membuat wireframe atau mendesain mockup adalah salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang desainer UX. Desainer UX juga harus mengikuti perkembangan teknologi untuk memaksimalkan hasil desainnya. Dan karena ia mendesain untuk digunakan oleh pengguna, desainer UX juga paling tidak memahami sedikit tentang perilaku pengguna dan user research.

User Interfece ( UI)

User Interface (UI) adalah sebuah cara  berinteraksi dengan pengguna untuk menggunakan produk atau layanan digital. UI merupakan bagian visual dari website ataupun aplikasi yang dapat berupa teks box, radio button, drop-down list, dan komponen lain yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan data ke dalam sistem perusahaan.Dalam Teknologi Informasi, Desain UI mengacu pada desain antarmuka pengguna untuk perangkat lunak, situs web atau aplikasi. Penggunaan UI dengan maksud untuk memfasilitasi kegunaan dan untuk meningkatkan User Experience.Dalam desain website, User interface yang baik sangat penting karena dapat mengubah pengunjung potensial menjadi pembeli karena memfasilitasi interaksi antara pengguna dan situs web atau aplikasi web kamu.Interface adalah sebuah titik di mana pengguna dapat berinteraksi dengan website yang mereka gunakan.

 

Desain UI yang baik menghadirkan perpaduan:

  • Desain visual adalah cara meningkatkan nilai ornamen sebuah website dengan mengimplementasikan elemen-elemen secara strategis seperti font, warna, dan gambar. Desain visual berfungsi untuk membuat halaman menjadi lebih elegan tanpa harus mengurangi fungsi atau konten yang ada.
  • Desain interaktif adalah sebuah cara untuk melihat bagaimana seorang pengguna berinteraksi dengan teknologi dan menerapkan hasil menganalisa interaksi pengguna ke dalam desain web. Selain itu, Desain interaktif berfungsi untuk menemukan cara-cara baru di mana sistem berinteraksi dan merespons pengguna.
  • Arsitektur Informasi adalah perancangan desain untuk membantu pengguna menemukan info mengenai kebutuhan mereka. Dalam hal ini melibatkan pelabelan, penataan, dan pengorganisasian konten web dengan cara yang membuatnya mudah diakses dan berkelanjutan.

 Perbedaan UX dan UI

  1. Tujuan penerapan

Tujuan utama dari penerapan UI design adalah menampilkan desain interface dengan keseragaman dan konsistensi yang baik, mulai dari segi font, warna, gambar, dan sebagainya. Dengan ini, diharapkan pengguna dapat lebih tertarik untuk menggunakan suatu situs.

Tujuan utama UX design berguna untuk membuat suatu situs atau aplikasi jadi lebih mudah digunakan oleh user. UX design dituntut untuk menjadi perantara, agar UI design mampu bekerja sama dengan sistem. Tentunya, diperlukan pemahaman yang baik terhadap kebutuhan dan kebiasaan pengguna terhadap situs.

  1. Fokus

UX berfokus pada manajemen dan analisis proyek melalui seluruh fase mulai dari ideation, development dan delivery. Sementara UI lebih banyak fokus pada komponen teknis untuk menghasilkan komponen desain untuk produk jadi.

  1. Cakupan

UX design bisa dikatakan memiliki ranah yang cenderung lebih luas dari UI design dalam hal fungsinya.

Idealnya, UX design dimulai dengan riset mengenai preferensi dan kebiasaan audiens. Selanjutnya, hasil riset tersebut diimplementasikan dalam sebuah interface atau UI design. Dengan demikian, UX design melatarbelakangi UI design dalam menghasilkan produk tertentu pada interface.

  1. Praktik kerja

UI design seringkali didasarkan pada pola, praktik, dan preferensi pribadi. Sementara UX design sebagian besar didasarkan pada data seputar bagaimana pengguna sebenarnya menggunakan produk, situs, atau aplikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *