02/12/2020

Pembahasan Lengkap Data Science

Hallo gan !!! Mimin balik lagi membawa informasi  menarik nih. Hari ini mimin akan membahas seputar Data Science. Apa itu Data Science? Data science merupakan salah satu disiplin ilmu yang secara khusus mempelajari soal data terutama data kuantitatif atau data numerik. Saat ini, ilmu yang satu ini mulai menjadi suatu profesi baru di bidang teknologi yang banyak dicari oleh berbagai jenis perusahaan.Berikut penjelasan lengkapnya

Data Science

Data Science adalah ilmu pengetahuan interdisiplin tentang metode komputasi untuk mendapatkan wawasan berharga yang dapat ditindaklanjuti dari kumpulan data yang mencakup tiga fase yaitu desain data, mengumpulkan data, dan analisis data. Sebagai ilmu interdisiplin, data science mempunyai definisi yang berbeda-beda dari akademisi maupun praktisi yang berkecimpung di dalamnya.

Data science mencakup disiplin ilmu yang luas, Terdapat 3 disiplin ilmu yang fokus pada data science,

  1. Machine Learning adalah cabang dari disiplin ilmu kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang bertujuan memberikan kemampuan kepada komputer untuk dapat melakukan proses belajar. Banyak algoritma machine learning yang digunakan untuk melakukan analisis data dengan tingkat akurasi yang tinggi, yang paling populer adalah neural network
  2. Traditional software merupakan irisan dari ilmu komputer dengan SME (Subject Matter Expertise), SME adalah pengetahuan mengenai proses dari suatu bisnis atau instansi untuk beroperasi sehingga dapat dibuat (develop) suatu sistem yang dapat membantu bisnis atau instansi tersebut.
  3. Traditional research merupakan irisan dari ilmu matematika dan statistika dengan SME (Subject Matter Expertise).

Tujuan Data Science

Tujuan dari Data Science ini  yaitu untuk menggali data dan memberikan informasi seakurat mungkin yang digunakan untuk :

  • Deskripsiyaitu menampilkan pola data untuk dianalisa dan penemuan masalah.
  • Prediksiyaitu melakukan prediksi berupa nilai, probabilitas maupun data dan kemudian merekomendasikan hasilnya untuk digunakan sebagai alat bantu pengambil keputusan maupun secara langsung digunakan secara otomatis oleh sistem.

Jenis Pembalajaran dalam Data Science

  • Supervised Learning (Prediksi)
    Untuk membentuk sistem yang cerdas, sistem harus diberikan pelatihan terlebih dahulu (training) dengan data fakta (labelled training), sistem akan belajar dan membentuk pola data yang ada baru kemudian digunakan untuk melakukan prediksi, proses belajarnya seperti anak murid yang diajarkan oleh guru.
  • Unsupervised Learning (Deskripsi)
    Sistem dapat mengandalkan data yang belum dilatih sebelumnya (unlabelled training) dan dapat membentuk pola data yang sifatnya deskriptif, bukan untuk prediksi.
  • Reinforced dan Deep Learning (Prediksi)
    Sistem belajar dari feedback lingkungan dengan teknik learning yang iteratif (berulang-ulang) dan adaptif (menyesuaikan) seperti cara manusia belajar dengan sendirinya, algoritma digunakan untuk memaksa sistem belajar menemukan nilai optimal dengan coba-coba (trial and error). Teknik pembelajaran menggunakan algoritma Neural Network berlapis yang sangat mirip dengan cara kerja otak manusia dimana neuron-neuron satu sama lain membentuk jaringan neuron yang sangat rumit.

Kemampuan apa yang dibutuhkan dalam Data Science

  • Kemampuan Matematika dan Statistika
  • Kemampuan Pemrograman (R, Python, dan lainnya)
  • Kemampuan Database dan Query (SQL dan lainnya) dan pengolahan data
  • Kemampuan analisa data dan visualisasi data
  • Kemampuan pemahaman masalah terkait bisnis atau suatu bidang lainnya

Alasan Data Sciece Sangat Menarik Untuk Dipelajari

Menurut riset yang dilakukan oleh situs Linkedin, ilmu data atau data science adalah salah banyak dibutuhkan oleh dunia industri saat ini. Menariknya lagi, pekerjaan ini menjanjikan penghasilan yang cukup besar. Hal ini tentu bisa menjadi alasan untuk kita terjun ke dalam bidang yang satu ini.

Selain itu, ada beberapa alasan lain yang bisa membuat semakin tertarik untuk mempelajari d data science ini.

  • Dapat Dipelajari Siapa Saja

Sebagai disiplin ilmu baru yang terbilang unik, data science ternyata tidak membutuhkan latar belakang pendidikan tertentu untuk mempelajarinya. Data science adalah ilmu yang bisa dipelajari seseorang dengan disiplin ilmu umum sekalipun. Namun, meskipun secara umum bisa dilakukan oleh orang dari latar belakang pendidikan apa pun, kemampuan dasar pemrograman, matematika dan statistik akan sangat membantu dalam menjalankan data science ini.

  • Belum Banyak Diketahui

Untuk kamu yang ingin mendapatkan pekerjaan dengan jumlah saingan yang masih sedikit, data science adalah jawabannya. Dengan semakin majunya teknologi, kalian dengan kemampuan data science banyak sekali lowongan pekerjaan khusus untuk bidang ini dan saingannya pun tidak banyak karena disiplin ilmu ini masih belum diketahui banyak orang.

  • Kesempatan Bergabung dengan Perusahaan Besar

Hal yang paling menggiurkan dari belajar data science adalah kesempatan emas untuk bergabung dengan perusahaan-perusahaan besar dunia. Bukan rahasia lagi jika data science adalah ilmu penting bagi sebuah perusahaan terutama dalam memprediksi banyak hal di masa depan baik terkait dengan layanan atau produk mereka. Oleh karena itu, banyak perusahaan besar saat ini yang mulai menyadari hal tersebut dan mencari orang-orang dengan kemampuan data science.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *