19/10/2020

Pengertian Basis Data

Definisi basis data – Sebelum masuk kedalam pembahasannya mari kita pahami terlebih dahulu mengenai dua kata dari “basis” dan “data”. Menurut KBBI basis adalah pangkalan  untuk melakukan operasi. Basis juga bisa diartikan sebagai markas / gudang. Sedangkan data bisa didefinisikan  sebagai represntasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia , barang , hewan , persitiwa, konsep, keadaan dan sebagainya yang diwujudkan dalam bentuk angka , huruf, simbol teks, gambar, bunyi atau kombinasinya. Sedangkan para ahli memiliki pendapat tersendiri dari pengertian “data” dibawah ini merupakan pengertian “data” menurut para ahli  :

  1. Slamet Riyadi

Menurut Slamet Riyadi data adalah kumpulan informasi yang diperoleh dari pengamatan dimana data bisa berupa angka-angka atu lambang-lambang.

  1. Kristanto

Data merupakan suatu fakta mengenai objek yang dapat mengurangi derajat ketidakpastia n tentang suatu keadaan dan kejadian.

  1. Lia Kuswayatno

Data adalah sebuah kejadian yang benar-benar terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Anhar

Mendefinisikan data adalah things known or assumed, yang berarti bahwa data itu sesuatu yang diketahui atau dianggap.

Lalu setelah kita membahas dua kata diatas maka bisa kita simpulkan bahwa pengertian dari basis data adalah kumpulan data yang saling berhubungan yang disimpan secara bersama sedemikian rupa dan tanpa pengulangan yang tidak perlu untuk memenuhi kebutuhan.Jika membahas mengenai basis data ada beberapa hal yang menonjol diantaranya adalah pengaturan , pemilahan , pengelompokkan , pengorganisasian data.

Terdapat beberapa operasi yang terdapat didalam basis data seperti yang dibawah ini :

  1. Pembuatan Basis Data Baru (Create Database)
  2. Penghapusan Basis Data (Drop Database)
  3. Pembuatan Suatu Tabel Dari Basis Data (Create Table)
  4. Penghapusan Suatu Tabel Dari Basis Data (Drop Table)
  5. Penambahan Data Baru Ke Sebuah Tabel Didalam Basis Data (Insert)
  6. Pengambilan Data Dari Sebuah Tabel (Query)
  7. Pengubahan Data Dari Sebuah Tabel (Update)
  8. Penghapusan Data Dari Sebuah Tabel (Delete)

 

Pemanfaatan Dari Basis Data

  1. Kecepatan dan Kemudahan

Dengan menggunakan basis data maka dapat diperoleh kemungkinan untuk dapat menyimpan data ataupun membuat sebuah perubahan terhadap data atau menampilkan kembali data dengan waktu yang lebih cepat.

  1. Efisiensi Ruang Penyimpanan

Pemanfaatan basis data dapat mengurangin beban dari ruang penyimpanan karena kita dapat menekan jumlah redudansi (pengulangan) data dengan memanfaatkan sejumlah pengodean ataupun membuat relasi yang saling berhubungan.

  1. Keakuratan

Didalam pemanfaatan pengodean dan pembuatan relasi yang saling berhubungan dalam basis data maka akan sangat berguna untuk meminimalkan penyimpanan data.

  1. Ketersediaan

Tidak semua pertumbuhan data nantinya akan digunakan, nantinya data yang jarang digunakan bisa diatur untuk dilepaskan dari sistem basis data yang sedang aktif baik dengan memindahkan nya ataupun menghapus data tersebut.

  1. Kelengkapan

Lengkap atau tidaknya data yang sudah dikelola di basis data bersifat relative.Hal ini bisa dilihat dari sudut pandang yang berbeda.Seseorang pengguna bisa mengatakan bahwa data yang dikelola sudah lengkap sedangkan pengguna lain tidak beranggapan seperti itu.

  1. Keamanan

Dengan menerapkan sistem keamanan dan juga membatasi setiap pengguna yang ingin mengakses maka keamanan dari data yang ada bisa dijaga dari kecolongan data.

  1. Kebersamaan Pemakai

Keberadaan basis data memungkinkan kita dapat mengakses tidak hanya satu data saja.

Referensi

Fathansyah.2018.Basis Data.Bandung:Informatika Bandung.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *