02/12/2020

Pengertian Sistem Keamanan Komputer

 

Hallo semua, kali ini mimin akan membahas mengenai pengetahuan yang bisa kalian gunakan, pada kesempatan ini mimin akan membahas mengenai sistem keamanan komputer. Yuk kita simak pembahasannya.

 

Pengertian  Sistem Keamanan Komputer

 

Sistem merupakan kumpulan komponen yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Sistem juga bisa berarti merupakan suatu sekumpulan dari elemen atau unsur yang saling berkaitan satu sama lain dan mempunyai  tujuan yang sama. Keamanan adalah suatu kondisi yangmana  yang terbebas dari dampak atau resiko. Komputer merupakan  suatu perangkat yang terdiri atas  software serta hardware dan di kendalikan oleh brainware yaitu manusia. Apabila  ketiga kata ini dirangkai maka akan mempunyai arti yaitu suatu sistem yang mengkondisikan komputer agar terhindar dari berbagai resiko atau masalah  . itulah yang di maksud dengan sistem keamanan komputer.

Keamanan komputer merupakan suatu cabang dari  teknologi yang dikenal dengan istilah keamanan informasi yang di terapkan pada komputer. Sasaran dari keamanan komputer yaitu antara lain adalah sebagai perlindungan informasi terhadap korupsi atau pencurian, serta  pemeliharaan ketersediaan , seperti yang telah di jabarkan dalam kebijakan keamanan.

 

Sistem Komputer Menurut Para Ahli

 

  1. John D. Howard

Keamanan komputer adalah suatu tindakan pencegahan dari serangan pengguna komputer lain atau pengakses jaringan yang tidak bertanggung jawab.

  1. Gollmann

Keamanan  suatu komputer merupakan  berhubungan dengan pencegahan diri dan deteksi terhadap tindakan yang mengganggu yang tidak dikenali  di dalam system komputer. Pada  keamanan sistem komputer yang harus kita lakukan adalah untuk mempersulit orang lain mengganggu sistem yang sedang kita gunakan, baik kita menggunakan komputer yang sifatnya pribadi , jaringan lokal ataupun jaringan global. Kita harus memaastikan system dapat berjalan dengan baik atau lancar serta kondusif, selain itu program dari aplikasinya masih dapat dipakai tanpa adanya suatu masalah.

  1. Garfinkel dan Spafford

Komputer di katakan aman apabila dapat di andalkan serta perangkat lunaknya bekerja sesuai dengan apa yang diharapkan.

 

Lingkup Security (Keamananan) Sistem Komputer

  • Pengamanan secara fisik
  • Pengamanan akses
  • Pengamanan Data
  • Pengamanan komunikasi jaringan
  • Aspek dan ancaman terhadap security
  • Privacy
  • Confidentiality
  • Integrity
  • Autentication
  • Availability

 

Bentuk – Bentuk Ancaman Dari Sistem Komputer

 

  1. Interupsi

Interupsi merupakan bentuj ancaman terhadap ketersediaan ( Availability ) , yangmana data rusak sehingga tidak dapat di akses bahkan di gunakan lagi .

  1. Intersepsi

Intersepsi merupakan bentuk sebuah ancaman terhadap kerahasiaan atau secrecy, yangmana pihak yang tidak berhak berhasil mendapatkan hak akses untuk membaca suatu data atau informasi dari suatu sistem komputer.

  1. Modifikasi

Modifikasi merupakan sebuah  bentuk dari  ancaman terhadap integritas ( integrity ), yangmana pihak yang tidak  berhak berhasil mendapatkan hak akses dalam mengubah suatu data ataupun informasi dari suatu sistem komputer.

  1. Pabrikasi

Pabrikasi adalah suatu bentuk ancaman terhadap integritas. Tindakan yang dilakukan adalah  dengan meniru dan juga memasukkan suatu objek ke dalam sistem komputer. Objek yang di masukkan  biasanya berupa suatu file ataupun record  yang di sisipkan atau diletakkan pada suatu program aplikasi.

  1. Enkripsi

Enkripsi adalah suatu  proses yang  mengubah atau mengamankan sebuah teks asli atau teks terang menjadi sebuah teks  yang tersandi. Di dalam ilmu kriptografi, enkripsi merupakan  proses untuk mengamankan sebuah informasi supaya  informasi tersebut tidak dapat di baca tanpa  pengetahuan yang bersifat khusus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *