19/10/2020

Tips Memilih Komponen Komputer Sebelum Merakit

Ok agan-sistah semuanya, semoga hari kalian menyenangkan dan semoga sehat selalu dimanapun dan kapanpun kalian berada. Ok hari ini mimin akan memberikan tips kepada kalian semua tentang “Memilih Komponen sebelum anda merakit komputer” apalagi para newbie yang ingin merakit yang hanya asal meliat harga dan merek dan kadang pula sering tertipu gimmick “Gaming”,karena bila kalian mempunyai prinsip seperti ini “asalkan harga mahal, pasti sudah bagus” memang benar, tetapi bisa juga tidak, karena barang tersebut harus dirakit dengan barang yang mendukung dan tidak boleh asal. Ok langsung saja ke pembahasan Berikut ini :

Tentukan Maximum Watt (Tentukan Besar Daya Power Supply)

 

Terdengar sepele tapi penting, kenapa penting? Dikarenakan apabila rumah anda memiliki watt yang tidak terlalu besar pastinya anda harus menyesuaikannya. Apabila melebihi watt rumah anda, maka akan dipastikan akan turun listrik, hal ini dapat diselesaikan dengan menaikan jumlah watt rumah anda ke pihak PLN, tapi pasti tagihan listrik anda akan lebih besar dari sebelumnya, maka dari sini saya akan perjelas tentukan terlebih dahulu berapa maksimum watt komputer yang akan anda rakit, disini mimin akan merekomendasikan rakitan 500 watt, tidak terlalu tinggi maupun terlalu rendah dan kebanyakan rakitan dengan watt ini memiliki peforma yang lumayan. Banyak Power supply yang beredar dipasaran mulau dari 250 W, 500 W, 1000 W bahkan 1500 W dst. Bila kalian bingung berapa watt yang komputer anda hasilkan, dapat kalian gunakan Wattage Calculator pada situs penjual Power supply resmi, seperti Seasonic, Be Quite!, dll. Atau dapat kalian search langsung di mbah Google hehe.

Tentukan Processor dan Motherboard

Sekarang mulai memilih komponen fisik, yaitu processor dan motherboard, terkadang masoh saja banyak orang , terutama para perakit baru yang mengira bahwa bila tipe processor sama (Seperti i7) akan muat pada semua motherboard yang dapat terpasang processor tersebut. TERNYATA TIDAK!

misalkan pada gambar berikut, lihat soket processor milik motherboard tersebut(1155) da samakan dengan tipe processor yang ingin anda pasang seperti gambar berikut

kalian juga harus melihat generasi pada processor tersebut, misalnya i7 generasi 2 tidak akan muat pada Motherboard yang harusnya terpasang I7 Generasi 4-9, atau kalian dapat mudah mengecek langsung tipe motherboard anda di google dan lihat spesifikasi motherboard tersebut dapat menampung processor apa saja, atau melihat spesifikasi processor tersebut dapat terpasang di tipe motherboard apa saja, jadi processor dan motherboard harus serasi yaaa.

Menentukan RAM

Mungkin pada masa sekarang tidak terlalu sulit menentukan RAM, tetapi mimin alan singgung pada artikel ini. Pertama-tama baca kembali spesifikasi motherboard yang sudah kalian pilih, lihat slot RAM yang didukung serta Profile atau speed nya seperti gambar berikut :

itu berarti Motherboard tersebut hanya mensupport RAM jenis DDR 3 dan profile sebesar 1333/1066 maka kalian harus mecari tipe yang sama dengan yang ada pada motherboard kalian dan tidak boleh melebihi kapasitas (digambar tertulis 8GB) seperti berikut :

maka seharusnya sudah cocok dengan sistem anda.

Pilih Graphic Card Sesuai Kebutuhan Anda

Pilihlah Graphic Card sesuai dengan kebutuhan anda, apabila anda membutuhkan peforma seperti gaming dan editing, maka pilihlah Graphic card yang mempunyai spek yang gahar, tetapi apabila komputer anda digunakan untuk mengerjakan tugas kuliah (seperti mimin) dan gaming ringan pilihlah  Graphic card yang mempunyai spek medium atau rata rata saja, intinya gunakan seperlunya saja. Dan ingat pada tips pertama, dikarenakan Graphic card biasanya mengeluarkan Watt yang paling besar dari komponen lainnya, jadi bijak lah dalam memilih Graphic card. Saya ridak akan membandingkan antara merek AMD dan Nvidia karena kedua merek tersebut sangatlah hebat dalam masing masing aspek.

Media Penyimpanan

Dalam hal ini mimin menyarankan pilih SSD maupun HDD, Karena SSD sudah pasti lebih cepat daripada HDD dikarenakan HDD masih dalam bentuk piringan, sedangkan SSD suah seperti memory external Smartphone yang disatukan, lalu kenapa tidak SSD saja? Ada baiknya anda memilih keduanya dengan kebutuhan seperti ini :

SSD diguanakan untuk :

– Sistem Operasi
– Aplikasi berat yang membutuhkan beban dan Speed yang lebih
– Game Berat

HDD digunakan untuk :

– Penyimpanan yang bersifat permanen seperti foto dan video
– data pekerjaan atau kuliah maupun tugas sekolah
– game ringan – medium
– aplikasi ringan dan tidak terlalu berat

Casing

Sesudah semuanya terpilih, selanjutnya adalah casing yang tepat untuk rakitan anda, pertama tentukan ukuran casing yang tepat dengan motherboard anda. Ada tiga jenis ukuran motherboard dipasaran yaitu ATX, Micro ATX dan Mini ITX.

pilihlah casing yang dapat menyediakan ukuran tersebut, jangan memilih salah seperti ukutan Motherboard ATX sedangkan anda memilihin casing yang hanya sampai ukuran Micro ATX, walau harga relatif murah, tetap saja anda membuang uang untuk membeli casing tersebut. Dan perhatikan juga ukuran Graphic card yang anda pilih, apakah dapat muat dalam casing atau tidak. Contoh gambar salah satu spesifikasi casing :

Yang dimana casing tersebut dapat menampung dari Mini ITX sampai ukuran ATX dan dapat dipasangkan Graphic card dengan panjang 330mm dan tinggi 160mm.

Tentukan Power Supply

Ok ketika semua komponen sudah ditentukan saatnya Grand finale, yaitu Power Supply, Seperti yang suah saya bilang pada tahap awal, yaitu menentukan Max Watt, skrng saatnya menentukan komponen yang bagus untuk mengatasi hal tersebut.  Seperti yang sudah saya bilang silahkan lihat Watt yang akan dihasilkan rakitan anda pada situs resmi penyedia power supply, disini saya akan menggunakan situs dari seasonic dengan hasil seperti gambar berikut :

disini saya gunakan combo rakitan seperti berikut
CPU: Ryzen 5 2400g dan GPU: RX 580 dan komponen lainnya, menghasilkan power 401 W yang dimana kita diharuskan untuk memilih Power Supply yang mempuyai watt lebih dari yang direkomendasikan, seperti contoh digambar yaitu Seasonic 650W. dan jangan lupa Power supply harus memiliki sertifikat 80+ setidaknya white atau Bronze, Gold atau platinum lebih baik. Contoh merek yang terpercaya sertifikatnya: Seasonic, Be Quite, Crosshair dll

Ok mimin kira sudah semua tips yang dapat mimin berikan, mimin tidak mencantumkan seperti cooling fan dan metode pendingin lainnya karena pastinya hal tersebut lebih ke perakit professional. Perakit baru tidak memerlukan hal itu cukup 3 fan 12mm sudah cukup, apabila kalian ingin men Overclock PC anda silahkan pilih metode pendingin yang lebih baik dari fan 12mm.

Ok mimin akhiri, apabila ada kesalahan pengetika atau tuturkata yang salah mohon maklum ya gaes, dikarenakan mimin masih belajar hehe.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *